Home » Tips/Trik » 120 Cluster dibuat dengan Raspberry Pi

120 Cluster dibuat dengan Raspberry Pi

Membuat Cluster memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun kita dapat membuat mini cluster dengan Raspberry Pi.

Pada artikel kali ini lebih besar lagi yaitu membuat Cluster dengan 120 Raspberry Pi, dan ini adalah project yang dilakukan oleh resin.io

Di artikel yang sesungguhnya dengan judul “What would you do with a 120-Raspberry Pi Cluster?” tersebut menerangkan beberapa dokumentasi singkat mengenai hasil dari pembuatan Cluster-nya, mulai dari versi lama hingga dan mendapat beberapa perkembangan lagi.

Ada banyak perubahan yang dilakukan, jika mungkin kebanyakan Cluster yang dibuat dengan menggabungkan Raspberry diletakkan kedalalm rak-rak yang didalamnya terdapat komponen-komponen Raspberry Pi itu sendiri, namun resin.io membuat Cluster-nya berbeda.

Ia menggunakan kayu papan untuk menempelkan komponen Raspberry Pi dan beberapa komponen pelengkap lainnya. Pada setiap papan yang sudah dibentuk dan diukur untuk dapat memuat 2 Biji Raspberry Pi (Lebar Horizontalnya) dan memuat 12 Biji Raspberry Pi (Panjang Verticalnya).


120 Raspberry Pi, masing-masing dengan “2.8 Adafruit PiTFT screen“, dan semua dipasang pada panel kayu yang telah didesign sedemikian rupa sehingga lebih enak dipandang. Dibalik panel tersebut dipasang 10 HUB USB dan 10 Ethernet Switch. Serta power supply Corsair CX750 sebagai catu dayanya.

5 Papan yang masing-masing papan terdiri dari 24-node Cluster yang kemudian disatukan. Papan-papan panel tersebut disusun rapi sedemikian rupa dan dari 5 papan tersebut disatukan dengan menggunakan engsel sehingga membentuk seperti lingkaran.

Tidak lepas dari itu semua, namun ada beberapa contoh Cluster lainnya yang dibangun dengan menggunakan Raspberry Pi, Contohnya pada postingan yang sebelumnya, yaitu WOW: Supercomputer hanya dibangun dengan 32 Raspberry Pi. Dan contoh Cluster lainnya akan kita share pada postingan yang berikutnya..